Jam Dinding

image
Weheartit.com

Kau tahu? Detak yang menguasai kamarmu itu bukan sembarang detak. Karena dalam setiap detak, disana aku yakin selalu ada ragamu yang beringsut menjauh. Aku ingin menyamar menjadi jam dinding yang menghitung tiap menit di hidupmu. Yang mencuri perhatianmu, yang tiap detik selalu kau tatap. Menjadi jam dinding bukan sekedar meramal waktu yang tahu kapan engkau datang maupun pergi. Ini perihal aku yang selalu ingin meluangkan segenap hariku merangkai puisi manis, namun aku bukan pujangga. Aku tak pandai menyihir kata-kata menjadi rima.

Betapa ingin aku memasuki mimpimu setiap malam. Menyelinap masuk lebih jauh. Mencari tahu, apakah aku pernah singgah dalam kerisauan. Tidak, ini terlalu berlebihan. Aku tetap ingin menjadi jam dinding yang terusik dalam hening. Yang selalu mengingatkanmu tentang perihal penting.

Detak jam di kamarku masih bergema sama, pertanda bahwa kita memang jauh tak mampu melipat jarak. Perangaimu di pikiranku semakin kusam saja. Ini sudah delapan bulan aku menyimpanmu dalam pikiranku. Dan delapan bulan sudah engkau memberikan nyawa pada puisi-puisiku. Seperti memberi kehidupan pada kemustahilan meski itu hanya sekadar angan.

Aku selalu ingin menjadi buku atau pena yang sering kau rabai untuk menulis puisi. Aku tahu, mereka mampu merapal gundahmu melebihi aku yang cuma membisu. Atau sihir saja aku menjadi sebuah metafora dan tempatkan aku pada jeda untuk setiap kata yang menjadikannya lekang. Namun aku takut menjadi spasimu, aku takut puisimu tak lagi bermakna seperti kehadiranku yang menganggumu sekian lama.

Advertisements

One thought on “Jam Dinding

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s