Menembus Halimun

image

Kerap kali engkau melihat aku kecewa menungguimu. Pagi-pagi buta dan butiran embun yang menempel pada jendela kaca mengemis pertemuan. Aku tak bisa berhenti menerka-nerka apa yang disembunyikan halimun kala pagi buta. Kenangan yang mengabut dan luruh dihantam angin. Terus memandang hingga menemukan kekosongan yang rumit. Sepi bertubi-tubi dan tangis berkepanjangan. Aku berjalan lebih jauh menemukan pikiranku yang semakin rumit. Bukan cuma sebatas rindu di dada, ada juga kesepian menantikan pertemuan yang engkau janjikan. Angan-angan sudah seperti menyusun kotak-kotak warna pada rubik. Sejauh aku menerka tak pernah mampu tersusun utuh. Karena aku takut gagal. Satu-satunya keadaan yang menjadikan harapan atau kehilangan.

Tersesat lebih jauh lagi, pikiranku merabai bongkah-bongkah harapan yang terapung pada samudera. Sanggupkah aku melayarinya untuk mencapaimu, mengenggam erat tanganmu? Hingga aku sampai pada dermaga paling teduh, dimana seluruh rindu dan harapku menepi disitu. Engkau tak tahu betapa abjad tersusun dengan begitu letih. Huruf-huruf yang cuma bungkam ketika namamu disebut dalam keheningan. Kau hanya tak mengerti bagaimana harapan seperti hati yang dicengkram geragu.

Aku berjalan lebih jauh, menembus halimun. Mereka bilang semua selalu berakhir dengan kehilangan. Aku percaya kehidupan,harapan, mimpiku semuanya akan lebih baik tanpa antah-berantahmu. Akan lebih baik jika aku mampu membuktikan pada dunia bahwa aku tidak takut kehilangan. Aku mampu menembus halimun tanpa takut tersesat lebih jauh. Aku disini, masih dengan angan-angan ini tanpa kehadiranmu lagi.

Leave a Reply

