Berlayar

image
Pinterest.com

Kapalmu akan berlayar hari ini. Mengelilingi lautan mencari dermaga yang tepat untuk berlabuh. Aku tidak yakin perjalananmu akan berakhir singkat. Karena engkau memang tak sebegitu mudah menemukan persinggahan yang tepat. Dibutuhkan proses yang lama, hitungan hari yang cepat, juga takaran rindu yang pas untuk menciptakan kecocokan antara dirimu dengan dunia.

Hari ini engkau menahkodai kapalmu sendiri. Tanpa tahu rute perjalanan, tanpa kompas, dan tanpa arah. Sebab kau yakin berlayar ke selatan adalah pilihanmu. Setiap malam engkau timbang keinginanmu untuk menemukan keseimbangan yang mutlak. Tanpa berbekal kompas engkau berlayar ke selatan.
Kita berdua mencintai bintang selatan dan menyaksikannya tiap malam. Dengan iringan lagu dari penyanyi lokal juga secangkir Teh hangat. Namun aku masih belum yakin jika perjalananmu tak berbelok arah ke barat. Karena sedari dulu engkau ingin menemukan tempat dimana matahari tertidur dan menciptakan malam, dimana matahari berelaksasi setelah dua belas jam bekerja untuk menyinari bumi. Kalaupun engkau berbelok. Kuyakin engkau tetap menemukan tujuanmu. Meskipun dibutuhkan lebih banyak tahun dan rute lagi yang harus dilalui.

Pagi ini perjalananmu akan dimulai. Tak ada siapa-siapa yang menyiapkan. Tak ada prosesi, penyambutan ataupun doa singkat. Hanya ada dirimu sendiri yang berbekal mimpi dan mata yang belum bisa membuka sempurna karena kantuk.
Aku hanya ingin mengatakan, jangan pernah menyerah sekalipun itu badai di lautan. Meskipun itu hujan atau angin yang merusak kapalmu. Jangan menangis meski mimpimu merapuh. Sebab kau bisa menepi sejenak untuk memperbaikinya untuk kemudian memulai pelayaranmu lagi.
Jangan kembali tanpa mendapatkan apa-apa.

Iklan

2 thoughts on “Berlayar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s